Senin, 11 Februari 2019

Bahan Penimbul Busa

Posted By: lia - Februari 11, 2019
Deterjen alias sabun cuci adalah sediaan pembersih yang terdiri dari zat aktif permukaan (surfaktan), bahan pengisi, pemutih, pewangi (bahan pembantu), bahan penimbul busa, serta optical brightener (bahan tambahan yang membikin pakaian lebih cemerlang).

Surfaktan adalah bahan mutlak sabun deterjen serta sabun cuci piring. Pada produk deterjen cuci piring ini, tipe muatan yang dibawa surfaktan adalah anionik. Kadang ditambahkan surfaktan kationik sebagai bakterisida (pembunuh bakteri). Manfaat surfaktan anionik adalah sebagai zat pembasah yang bakal menyusup ke dalam ikatan antara kotoran serta serat kain. Faktor ini bakal membikin kotoran menggulung, lama kelamaan menjadi besar, kemudian lepas ke dalam air cucian dalam bentuk butiran.

Bahan Penimbul Busa

Supaya butiran ini tak pecah kembali serta menempel di kain, butuh ditambahkan tipe surfaktan lain yang bakal membungkus butiran tersebut serta membikinnya tolak menolak dengan air, jadi posisinya mengambang. Ini untuk memudahkannya terbuang bersama air cucian. Pada umumnya kotoran yang bisa dihilangkan surfaktan adalah yang berasal dari debu alias tanah. Bila kotoran lebih berat semacam noda makanan serta noda darah, butuh ditambahkan enzim tertentu semacam enzim pengurai protein alias lemak. Tetapi, apabila nodanya telah lama, bakal sukar sekali dihilangkan sebab antara noda serta serat kain bisa terjadi reaksi polimerisasi yang menyatukan noda dengan kain. Jadi klaim yang menyatakan bisa menghapus semua noda, wajib dikritisi hati-hati.

Selain itu, daya pembersih produk cuci deterjen mesin serta produk sabun juga tergantung pada bahan pengisi. Bahan pengisi ini bermanfaat menetralisir kesadahan air alias melunakkan air, mencegah menempelnya kembali kotoran pada bahan yang dicuci serta mencegah terbentuknya gumpalan dalam air cucian. Tetapi apabila air terlalu sadah, semacam yang tersedia di berbagai tempat di Jakarta, maka daya pembersih deterjen mesin cuci serta produk sabun cuci apa pun tak bakal optimal. Performa daya pembersih sabun cuci produk deterjen ini bisa ditingkatkan apabila cucian dipanaskan sebab daya kerja enzim serta pemutih bakal manjur. Tetapi, mencuci dengan air panas bakal menyebabkan warna pakaian memudar. Jadi untuk pakaian berwarna, sebaiknya jangan memakai air hangat/panas.

Sedangkan hubungan antara daya pembersih sabun deterjen serta sabun cuci piring dengan bahan penimbul busa sama sekali tak signifikan. Busa dengan luas permukaannya yang besar terbukti bisa menyerap kotoran debu, tetapi dengan adanya surfaktan, pembersihan produk sabun cuci piring telah bisa diperbuat tanpa butuh adanya busa produk cuci. Jadi, opini yang sengaja dibentuk bahwa busa produk sabun cuci yang membeludak menunjukkan daya kerja deterjen mesin adalah menyesatkan. Daya pembersih deterjen mesin cuci juga tak bisa dikaitkan dengan harga. Dari sebuahhasil uji yang diperbuat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), tak ada kaitan signifikan antara harga dengan daya bersih deterjen.

About lia

We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

Copyright ©

Designed by Templatezy